Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui Saat Berpuasa

Menjelang bulan puasa, mungkin kamu sudah mulai menyiapkan diri untuk merencanakan menu sahur dan berbuka. Bagi kamu yang saat ini sedang dalam fase menyusui, perhatikan pola makan dan asupan nutrisi agar tetap terjaga. Kamu perlu memilih kombinasi makanan yang tepat untuk menjaga asupan nutrisi kamu dan si kecil.

Beberapa bahan makanan yang disarankan untuk ibu menyusui sebaiknya dikonsumsi secara teratur selama berpuasa. Nah, kamu bisa mulai mengatur kombinasi menu yang bervariasi agar semua asupan nutrisi tetap terjaga dan kamu juga tidak bosan makan menu yang itu-itu saja.

  1. Telur

Pilihan menu yang paling mudah didapatkan, tapi merupakan sumber protein. Kombinasikan menu makanan puasa kamu dengan campuran telur. Mengonsumsi telur dapat menambah asam lemak esensial pada ASI, maka kamu bisa pilih telur yang difortifikasi DHA.

Apakah ada cara yang disarankan untuk mengonsumsi telur? Sebagai tambahan nutrisi, kamu bisa mengolah telur sesuai dengan selera. Konsumsi telur yang direbus, dibuat telur dadar atau mata sapi, dan dicampurkan ke bahan tumisan sebagai orak-arik bisa jadi pilihan.

  1. Ikan Salmon

Untuk meningkatkan nutrisi pada ASI, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon yang merupakan salah satu sumber DHA. Kandungan DHA bermanfaat untuk dapat membantu perkembangan sistem saraf bayi. Tidak hanya itu, mengonsumsi ikan salmon juga bisa mencegah depresi pascamelahirkan.

Ada banyak restoran dengan menu olahan ikan salmon yang enak. Bisa jadi pilihan saat kamu punya kesempatan mampir ke resto di bandara sebelum naik pesawat Lion Air Jakarta untuk mudik. Namun, jangan sampai mengabaikan waktu boarding dan ketinggalan flight, ya.

Meskipun kandungan DHA-nya baik untuk ibu dan anak, konsumsi ikan salmon sebaiknya dibatasi sebanyak 12 ons setiap satu minggu. Hal ini ditujukan agar si kecil tidak terkena risiko terpapar merkuri yang terdapat pada ikan salmon.

  1. Sayuran Hijau

Konsumsi sayuran tidak hanya disarankan saat berpuasa. Namun, dalam hal ini artinya konsumsi menu sayuran harus sangat diperhatikan agar asupan nutrisi ibu dan anak tetap seimbang. Sebaiknya, kamu memilih untuk mengonsumsi sayuran hijau yang kaya akan vitamin.

Beberapa jenis sayuran yang bisa dipilih seperti brokoli, pakcoy, dan bayam. Kandungan vitamin C, kalsium, dan antioksidan yang terdapat pada sayuran hijau juga baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kurma

Mengonsumsi kurma untuk berbuka puasa merupakan sunah karena camilan manis ini punya banyak manfaat bagi tubuh. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan kalsium. Kalsium dapat mendorong produksi ASI. Nah, sebenarnya sudah tidak perlu banyak alasan lagi ‘kan? Namun, sebagai bonus, kurma juga memiliki kandungan serat yang baik. Tidak heran, kurma disunahkan untuk konsumsi orang yang berpuasa, tidak hanya untuk ibu menyusui saja.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk bisa memberikan tambahan energi saat berpuasa. Buah jeruk juga sangat segar untuk dijadikan konsumsi saat berbuka. Untuk ibu menyusui yang punya banyak aktivitas, konsumsi buah jeruk sangat disarankan.

Setidaknya, pilihlah beberapa kombinasi menu makanan di atas sebagai asupan nutrisi tambahan.

Jadi, kamu bisa tetap lancar berpuasa dengan tetap memberikan ASI berkualitas untuk si kecil. Pastinya, dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, kamu pun tetap sehat saat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *