Ini loh 5 konsep hidup bahagia dari berbagai negara, nomer 2 keren banget !

Bahagia seakan menjadi salah satu target dan pencapaian dalam hidup manusia. Lihat saja bagaimana ada saja orang yang meski sudah kaya namun merasa belum lengkap hidupnya karena belum merasa bahagia. Ada pula yang meski hidup apa adanya, namun merasa hidup sudah lengkap karena hari demi hari dijalaninya dengan rasa bahagia.

Ya, rasanya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak ingin bahagia. Meski demikian memang demi mencapai sebuah kebahagiaan dalam hidup, manusia masih seringkali dibuat bingung dan bertanya-tanya. Apa yang mesti saya lakukan demi bahagia. Jika kamu juga merasa ingin bahagia, mungkin ada baiknya kamu menerapkan konsep dan cara hidup dari berbagai negara ini.

Hygge

Hygge (baca hoo-ga) disebut-sebut menjadi rahasia bagaimana Denmark menjadi negara yang paling bahagia di dunia. Sebetulnya tidak ada definisi pasti yang bisa menjelaskan konsep Hygge ini sendiri. Namun secara sederhana Hygge bisa dianggap sebagai sebuah konsep menikmati hal-hal kecil dan sederhana demi mencapai kenyamanan dan ketenangan jiwa dalam hidup. Contoh sederhananya misalnya dengan membaca buku ditemani segelas cokelat panas saat hujan tengah turun. Atau dengan mengelilingi diri dengan keluarga dan teman-teman dekat sambil menghabiskan waktu dengan makan bersama.

Lagom

Lagom adalah konsep hidup dari Swedia yang bisa diartikan sebagai gaya hidup “tidak terlalu sedikit, tidak terlalu banyak , melainkan dalam jumlah yang tepat. Maksud dari konsep Lagom sendiri adalah mendorong keseimbangan hidup yang lebih baik dan tidak menyalahgunakan atau mengabaikan aspek-aspek penting lainnya. Misalnya keseimbangan antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk berelaksasi.

Niksen

Kalau yang satu ini adalah konsep dari Belanda yang secara harafiah dipahami sebagai sebuah cara mengatasi stres dengan tidak melakukan apa-apa atau melakukan sesuatu tanpa tujuan. Contoh sederhananya adalah dengan menatap ke luar jendela, nongkrong atau sebatas mendengarkan musik saja. Melakukan konsep ini berarti Agan memberikan waktu sejenak untuk membiarkan pikiran Agan bebas tanpa beban dan penyesalan apa pun.

Ikigai

Salah satu konsep hidup yang disebut-sebut sebagai rahasia orang Jepang berumur panjang adalah Ikigai, sebuah gagasan yang mengatakan bahwa kunci menuju kebahagiaan adalah dengan memiliki tujuan dalam hidup Agan.

Wabi Sabi

Wabi Sabi adalah sebuah konsep dari Jepang untuk menghargai apa yang ada dan memanfaatkan ketidaksempurnaan yang ada menjadi sebuah keindahan tersendiri. Atau dengan kata lain konsep ini menganjurkan kita untuk hidup sederhana, menerima diri sendiri dan segala ketidaksempurnaannya sehingga Agan bisa puas dengan yang Agan miliki dan mampu mencapai ketenangan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *