Overheat, sebab umum mobil mogok. pahami alasan nya !

Hal yang paling menyebalkan dari mengendarai mobil adalah mobil mogok tiba – tiba. Selain faktor usia mobil, mogok juga disebabkan oleh beberapa hal Gan. Salah satunya overheat (panas mesin). Ini biasanya menjadi penyebab paling umum dari mobil mogok.

Overheat adalah panas berlebih yang terjadi pada suhu mesin mobil yang terjadi karena sistem pendinginan mesin yang tidak bekerja dengan maksimal. Ini bisa dihindari jika pengendara peka terhadap komponen – komponen dari sistem pendinginan mobil. Supaya terhindar ama yang namanya overheat, Agan dan Sista kudu perhatikan kondisi hal – hal berikut:

Radiator

Komponen ini befungsi sebagai alat pendingin mesin mobil. Jika ini terdapat masalah, otomatis kondisi overheat semakin dekat ama mobil kalian. Oleh karena itu kalian harus perhatikan betul kondisi fisik radiator. Selain itu kalian juga harus pastikan tutup reservoir dapat tertutup dengan rapat.

Air Radiator

Pastikan air radiator tidak berwarna coklat keruh. Jika sudah berwarna demikian, wajib hukumnya kalian untuk menguras air radiator mobil kalian. Untuk menjaga kondisi fisik radiator tetap terjaga, usahakan jangan menggunakan air yang terlalu banyak mengandung mineral zat besi (contohnya air tanah) untuk radiator. Karena kandungan mineral zat besi ini bisa menimbulkan karat pada radiator.

Selang Radiator

Kondisi selang radiator yang sudah tidak layak biasanya jadi penyebab terjadinya overheat. Jika selang radiator telah berusia tua maka pelan – pelan dia akan menciut dan bisa menyebabkan masuknya angin palsu ke dalam radiator. Selain itu kalian juga harus mencegah selang radiator memuai, karena jika memuai maka dapat menyebabkan keluarnya uap air dari radiator yang tentunya akan membuat air radiator jadi lebih cepat habis.

Kipas Mesin

Selain radiator, komponen penting lainnya yang berpengaruh pada sistem pendingin mesin adalah kipas mesin. Pastikan putaran kipas mesin tidak pelan. Jika sudah mulai pelan, kalian bisa cek kondisi dinamo cooling fan dan kelistrikan dari kipas tersebut.

Thermostat

Thermostat yang fungsinya sudah tidak maksimal biasanya akan selalu menutup dan menyebabkan air tidak dapat bersikulasi normal kembali ke radiator. Oleh karena itu kalian harus pastikan kondisi thermostat bisa berfungsi dengan maksimal.

Itu beberapa hal yang harus jadi perhatikan kalian supaya mobil tidak mengalami overheat dan mogok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *